Rabu, 17 Januari 2018

Bagaimana Bisa Ladang Ganja Mengancam Populasi Burung Hantu Langka?

PT BESTPROFIT FUTURES BANJARMASIN

PT BESTPROFIT FUTURES - Penggunaan zat kimia untuk membasmi hama tikus di ladang ganja ternyata berimbas kepada populasi burung hantu di California, Amerika Serikat.



Tim peneliti dari University of California Davis sudah melakukan penelitian selama empat tahun di wilayah California barat daya, dan hasilnya sudah dipublikasikan di Avian Conservation and Ecology, Kamis (11/1/2-18).

Peneliti menguji 10 burung hantu berbintik (strix occidentalis caurina) yang masuk daftar "terancam" di wilayah utara dan 84 ekor burung hantu yang dilindungi dalam kurun waktu antara 2009 dan 2013.

Hasilnya, sekitar 40 ekor burung hantu terkontaminasi anticoagulant rodenticides secara lansung atau karena memangsa tikus yang sudah terkontaminasi rodentisida. - BEST PROFIT

Peneliti mengakui memang tidak bisa menemukan sumber racunnya, tetapi berharap hasil penelitian tersebut dapat menjadi motivasi bersama untuk melindungi satwa liar dari maraknya ladang ganja di California. Peraturan menajerial juga harus diperketat untuk pemilik ladang.

Sebagai informasi, California merupakan surga bagi petani ladang ganja. 50.000 ladang ganja ada di wilayah ini, dan sayangnya hanya sekitar 16.000 petani yang memiliki keinginan untuk melegalisasi ladangnya, meskipun sudah ada peraturan resmi yang melegalkan ganja untuk diperjualbelikan secara bebas.

Tahun lalu, hampir 90 persen ladang ganja di California berstatus ilegal. Ini menjadikan praktek terkait pembasmian hama seperti tikus dan hewan lainnya menjadi tidak terkontrol, termasuk penggunaan bromadiolone dan brodifacoum untuk membasmi hama seperti tikus yang merupakan mangsa utama burung hantu. - BESTPROFIT

Desakan peneliti kepada pemerintah daerah California terus bermunculan. Mourad Gabriel, ahli biologi di UCD, menegaskan pemerintah akan kewalahan mengendalikan penggunaan bahan kimia yang merusak satwa liar di wilayah California.

"Bila Anda memiliki ribuan ladang ganja ilegal, dan hanya segelintir ahli biologi yang mengatur dan mengawasi, kami sangat khawatir bahwa tidak akan ada perlindungan memadai bagi satwa. Jika tidak ada yang menyelidiki sejauh mana penggunaan bahan kimia untuk ladang ganja, hutan dan situs hayati akan terancam," kata Mourad Gabriel dikutip dari The-scientist, Senin - PT BESTPROFIT

0 komentar:

Posting Komentar